Breaking

Sabtu, 20 Oktober 2018

7 Fakta Banyuwangi yang wajib kamu ketahui


Banyuwangi adalah kota yang memiliki kekayaan alam yang melimpah dan juga keindahan alamnya. Kota yang berjuluk The Sunrise Of Java ini begitu terkenal belakangan ini karena keunikan kota ini sendiri yang membedakan dengan kota-kota lainnya. Berikut fakta-fakta mengenai kota banyuwangi.

1. Tempat wisata yang telah mendunia


Kawah ijen adalah destinasi wisata yang sudah tidak diragukan  lagi keindahannya, wisatawan dari dalam dan luar negeri selalu memadati tempat ini yang rata-rata sekitar 10.000 pengunjung per tahunnya. Kawah ijen memiliki Blue Fire yang hanya terdapat  2 di dunia yaitu di Alaska dan di Banyuwangi.


Plengkung atau biasa disebut G-land ini juga menjadi surganya para peselancar dunia. Karena plengkung memiliki ombak setinggi 5-8 meter. Waktu terbaik untuk surfing di tempat ini adalah bulan april dan bulan september. Selain keindahan ombaknya G-land juga memiliki keindahan airnya yang terdiri dari 3 warna yakni biru tua, biru muda,dan hijau.

2. Kulinernya yang sempurna yang wajib dicicipi ketika ke Banyuwangi


Sego tempong adalah kuliner asli khas banyuwangi yang sudah terkenal  di indonesia dan menjadi ikon kuliner banyuwangi. Sego tempong memiliki citarasa yang sangat pedas jadi pastikan ketika makan makanan yang satu ini anda menyiapkan tisu yang banyak....hehehe.


Sego cawuk biasanya dibandrol dengan harga Rp. 7000 per porsinya, dengan harga yang pas di kantong ini anda sudah dapat menikmati kelezatan kuliner yang satu ini. Sego cawuk  memiliki citarasa yang tidak terlalu pedas dan memiliki rasa yang luar biasa.

 3. Penghasil ikan terbesar kedua di indonesia


Muncar adalah daerah yang terkenal akan produksi ikannya yang berkualitas tinggi. Muncar bagaikan tambang berlian yang belum digali, setiap harinya bisa berton-ton ikan diambil tetapi tidak mengurangi ikan di dalamnya sedikitpun bahkan tambah banyak,banyak,dan banyak lagi. Sayangnya tempat ini kurang terjaga kebersihannya.

4. Menjadi kota terbersih di jawa timur setiap tahunnya


Meskipun bukan yang pertama tapi setiap tahunnya banyuwangi selalu mendapat predikat sebagai kota terbersih hal ini terbukti banyuwangi dapat masuk 4 besar  sebagai kota terbersih selama 3 tahun berturut-turut.

5. Suku dan bahasa yang unik


Suku asli banyuwangi adalah suku osing. Suku osing memiliki keunikan tersendiri dari suku-suku lainnya yaitu bahasanya yang tidak semua orang bisa menguasainya bahkan orang jawa saja belum tentu bisa memahaminya. Oh ya suku osing juga tau mana yang lidah orang asing dan mana lidah orang osing karena orang osing tau betul mana logat yang asli banyuwangi dan yang bukan banyuwangi.

6. Sebagai tempat terangker di pulau jawa


Kalo yang satu ini memang sudah terkenal sejak dulu. Salah satu tempat yang paling terkenal  keangkerannya adalah alas purwo. Alas purwo merupakan kerajaan gaib yang memiliki banyak penghuninya konon semua hal-hal yang berbau gaib semuanya ada disini dan lebih mengerikan dari apa yang anda bayangkan. Meskipun terbilang angker tempat ini tetap menjadi  daya tarik tersendiri bagi mereka yang ingin beruji nyali dan melakukan hal-hal yang di luar nalar.

7. Kecantikan gadis banyuwangi yang bikin hati meleleh


Banyuwangi selain terkenal akan wisatanya juga terkenal akan kecantikan gadis-gadisnya. Gadis Banyuwangi memiliki kecantikan yang natural. Meskipun cantik gadis-gadis ini tidak melupakan adat dan tradisi bahkan mereka sangat menjunjung tinggi nilai adat-istidat dan tradisi yang ada di Banyuwangi.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Halaman