Breaking

Minggu, 14 Oktober 2018

Cara menghafal alquran dalam 30 hari



Menghafal alquran adalah sesuatu yang mulia disisi allah. Pasti banyak dari kita bagaimana sih caranya agar cepat dalam menghafal alquran.Berikut adalah cara-caranya :

1. Luruskan niat
Sebelum memulai menghafal hendaknya kita meluruskan niat, ya semua kegiatan tergantung pada niatnya jika niat tersebut baik maka allah akan mudahkan. Niat yang baik itu niat yang bagaimana ? Bukan kah niat menjadi hafidz juga merupakan niat yang baik ? ternyata Allah tidak mengingingkan niat hambanya yang demikian. Kenapa ? karena jika seseorang niat menghafal qur'an karena ingin menjadi hafidz setelah menjadi hafidz ia akan selesai dalam tujuannya. Bukankah qur'an akan kita bawa selamanya. Lalu niat yang bagaimana yang diinginkan allah dari hambanya ? Yaitu niat yang ikhlas dalam mencari ridho allah, jika allah menyukai terhadap kita maka akan dimudahkan dan dipercepat hafalan kita oleh allah bukan kita yang susah menghafalkannya.  

2. Tentukan target
Kebanyakan orang ingin hafal alquran dalam waktu cepat. Tetapi kita harus menyesuaikan dengan kemampuan kita, penulis yakin setiap orang memiliki kemampuan yang luar biasa. tapi bagaimana caranya agar kita cepat hafal dalam waktu singkat jawabannya adalah  bagaimana cara kita dalam memanajemen waktu untuk tujuan tersebut. Semakin banyak waktu kita meluangkan waktu tentu akan semakin cepat kita dalam menghafal.

3. Memilih metode yang sesuai
Setiap orang memiliki metode yang berbeda beda. Ada yang mudah menghafal menggunakan sistem tabel, baris, huruf berwarna dan sebagainya.

4. Konsisten dalam menghafal
Konsisten dalam menghafal adalah poin yang paling menentukan dalam cepat hafalan seseorang, semakin seseorang konsisten terhadap tujuannya maka akan semakin cepat dia dalam mencapainya. Untuk mencapai tujuan dunia saja kita begitu konsisten apalagi untuk tujuan akhiran yang bersifat kekal.

5. Muraja'ah atau mengulang hafalan
Poin yang satu ini sangat menentukan terhadap kekuatan hafalan seseorang, lihatlah tokoh-tokoh islam yang menghafal ribuan hadist bagaimana mereka bisa mengingat semua itu ? apakah mereka mengulang hafalan mereka 4 kali atau 5 lima kali ? mereka mengulang hafalan mereka lebih dari itu. Semakin sering dia mengulang maka akan semakin kuat pula ingatannya.

6. Membaca hafalan di setiap sholat wajib dan sunnah
Percuma saja jika kita banyak menghafal surat tetapi tidak dipraktekkan  dalam sholat. Apakah tidak bosan ketika sholat membaca surat itu-itu saja ?pasti bosankan. Maka dari itu kita harus mempraktekkan hafalan kita ke dalam sholat. Bukankah allah menyukai terhadap hamba yang ingin mendekat kepadanya ? maka persembahkanlah yang terbaik yang kita bisa untuk Allah S.W.T.

Bagaimana pengalaman kalian dalam menghafal alquran ? jangan lupa share pengalaman kalian ya.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Halaman