Breaking

Senin, 03 Juni 2019

Tips Memilih Template Blog Yang Baik dan SEO Friendly



Template merupakan salah satu komponen terpenting yang harus dimiliki suatu blog. Memilih template yang berat dan tidak SEO friendly sangat mempengaruhi kecepatan index mesin pencari. Jadi selain menulis artikel, anda harus bisa memilih template yang baik itu seperti apa. Bagi anda yang tidak begitu paham tentang template, anda bisa mengikuti komunitas atau grup-grup yang membahas seputar dunia blogging. Berikut akan dijelaskan bagaimana memilih template blog yang baik. Langsung saja intip penjelasannya :

1. Template yang responsive

Responsive adalah mampu menyesuaikan tampilannya sendiri terhadap banyak ukuran layar. Walalupun dilihat dari layar smartphone maupun desktop tampilan blog tetap bagus. Google telah menerapkan algoritma mobilegeddon yaitu lebih mengutamakan template yang responsive dan friendly.

Apalagi jaman sekarang yang sudah banyak pengguna melakukan aktivitas browsing, bersosial media, main game menggunakan handphone daripada laptop. Dengan memasang template yang responsive maka artikel anda akan menjadi lebih mudah ditemukan oleh para pembaca.

2. Loading template ringan

Kecepatan loading template sangat diperlukan oleh pembaca. Kalau loading template anda lama maka jangan salahkan jika tidak ada pengunjung yang membuka blog anda. Lagian masih banyak juga yang membahas konten yang sama yang jauh lebih baik.

Karena itulah kecepatan menjadi faktor yang sangat penting bagi template. Jika bisa jangan hanya mementingkan keindahan template saja tetapi menyeimbangkan keduanya maka akan jadi lebih maksimal.  

3. Memiliki navigasi yang jelas

Banyak template yang tersedia di internet yang tinggal download secara gratis. Namun, setiap template memiliki karakteristik masing-masing. Anda juga dituntut untuk pandai dalam memilih template blog.

Salah satu ciri template yang baik adalah memiliki struktur navigasi yang jelas serta memudahkan pembaca untuk menemukan apa yang ingin dicarinya dalam blog anda. Dengan memiliki navigasi yang jelas maka untuk mendaftar adsense pun semakin besar peluangnya diterima.
4.  Support mobile friendly dan SEO friendly

Belum lama ini google mengupdate algoritmanya yaitu mobile first indexing. Hal tersebut yang akan menjadikan search engine menempatkan konten-konten yang mendukung mobile friendly untuk ditempatkan di halaman teratas.

Sekarang sudah banyak template gratisan yang sudah support mobile friendly. Jadi tidak usah terlalu khawatir soal hal tersebut. Namun tentu saja template yang premium memiliki kelebihan yang tidak dimiliki oleh template gratisan.

5. Sesuai dengan niche blog

Sering admin temukan blogger pemula yang hanya memilih template blog yang asal-asalan. Jika ingin menjadi blogger professional maka template yang begitu harus dirubah dan disesuaikan dengan niche blog yang telah dibuat.

Bagi yang belum mengerti niche itu apa ? niche adalah karakteristik suatu blog dalam membahas sesuatu. Ada blog yang membahas seputar kesehatan,teknologi,game,dll. Hal inilah yang harus mulai diterapkan di blog anda agar sesuai dengan kriteria template yang baik.  










Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Halaman