Breaking

Sabtu, 05 September 2020

5 Cara Belajar Yang Efektif Dan Efisien Dijamin Ampuh

 Belajar merupakan suatu kegiatan yang dilakukan untuk mencari ilmu pengetahuan dann ketrampilan. Bagi para siswa belajar adalah kegiatan yang tidak dapat dipisahkan sehari-hari untuk mencapai keberhasilan di masa depan  kelak. Tapi apakah cara belajar yang kalian pakai sudah efektif dan baik ? Jika masih penasaran Yuk Simak :


1. Mempernyaman tempat belajar


Sebelum memulai kegiatan belajar coba lihat dulu tempat belajarnya, apakah dengan kondisi tempat belajar seperti itu membuat betah belajar atau sebaliknya ?. Dengan menata ulang tempat belajar akan mebuat kita betah berlama-lama belajar disitu. Salah satunya dengan menata buku dengan rapi, menempelkan kata-kata motivasi,  


2. Rangkum poin-pion penting


Ketika belajar bab baru usahakan untuk melihat peta konsep terlebih dahulu karena disitu terdapat materi-materi penting apa saja yang akan dipelajari. Dengan begitu akan mempermudah kita dalam memahami apa yang sebenarnya sedang kita pelajari. Rangkuman sebaiknya dibuat semenarik mungkin agar kita tidak cepat bosan ketika belajar. 


3. Menghafal dan Pahami


Agar mempermudah dalam mengingat materi yang telah kita pelajari yaitu dengan cara menghafal. Dengan menghafal maka materi-materi yang telah dipelajari menjadi jauh lebih matang. Tapi jangan hanya menghafal perlu juga kombinasi memahami untuk bisa menguasai lebih dalam materi tesebut. 


4. Belajar dengan konsisten tinggi


Setelah membuat rencana belajar, langkah selanjutnya yaitu menjalankan rencana tersebut. Di sini kita akan benar-benar diuji seberapa besar konsisten kita dalam belajar. Sehari,dua hari, tiga hari mungkin masih merasa semangat dalam belajar namun jika sebulan apakah semangatnya masih seperti waktu awal membuat rencana belajar. 

Yang diperlukan agar semangat belajar kita tetap tinggi yaitu dengan memperbanyak mencari motivasi. Dan jangan lupa untuk tidak bosan dan selalu mengulang materi karena kunci rahasia para juara terletak disini.


5. Istirahat


Jika badan sudah capek belajar lebih baik istirahat daripada melanjutkanya tapi tanpa hasil apa-apa. Belajar memang penting tapi kondisi badan jauh lebih penting. Jika badan tidak diistirahatkan maka badan bisa sakit. Jika sakit maka proses belajar menjadi terganggu dan belajar tidak berjalan dengan maksimal. 


        


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Halaman