Breaking

Minggu, 10 April 2022

Seberapa penting memasang antivirus ?

 

Pertanyaan umum dan sering kali ditanyakan  “bang, kalo gak pake antivirus aman enggak?”. Nah berkenaan dengan hal tersebut, mari kita bahas secara mendetail mengenai hal ini.


Ada begitu banyak hal hebat tentang internet yang kalian tahu akan ada masalah. Dan ada pencurian identitas, penipuan, dan mungkin yang paling bermasalah terbesar adalah epidemi virus komputer yang mendatangkan malapetaka. Virus-virus ini adalah skrip yang berbeda yang ditulis untuk tujuan penghancuran. Ini adalah "minoritas pembuat masalah" klasik yang merusaknya untuk sebagian besar dari kita semua. Jadi jenis virus apa yang kita khawatirkan dan dapatkan program anti virusnya.


Wajib instal antivirus nggak si biar aman terkendali ?


Nah, ada berbagai macam jenis virus yang berkeliaran di dunia maya dan memerlukan perlindungan alat anti virus. Contohnya termasuk worm, spider, spyware, dan adware. Mereka memiliki berbagai efek mulai dari penghancuran total hingga benar-benar mengambil informasi sensitif dari hard drive komputer. Mengunjungi situs-situs normal untuk sekedar mencari informasi. Bukan situs-situs berbahaya yang berbau software gratis, situs dewasa, dan situs lain yang sejenis.


Maksudnya gimana? Jadi gini, terkadang di internet jika ingin mendownload sesuatu di website, banyak sekali iklan dan file jebakan. Nah buat kalian yang belum berpengalaman pasti akan terkena jebakan batman dan akhirnya menginstall aplikasi spyware. Baik di browser maupun langsung di windows. Jadi keahlian dalam berselancar di internet juga perlu diasah.


Semua itu tergantung apa yang lo lakuin !


Nah Bahkan sebagus dan sehebat apapun Antivirus yang  sudah install dan gunakan, akan percuma jika pengguna menonaktifkan antivirus tersebut hanya untuk menggunakan crack atau patch untuk mengaktifkan aplikasi baru yang akan pengguna gunakan.


Di beberapa forum yang admin tahu, sudah cukup banyak orang orang melaporkan masalah ransomware yang mereka alami karena akibat melakukan instalasi patch dari situs asing dengan deskripsi (fake alert), sehingga apa yang terjadi? ya rugi sendiri, data di enkrip, hilang, dan niatnya ingin mendapatkan aplikasi berbayar secara gratis, malah berakhir dengan kesedihan akan data data penting yang hilang.


Spyware adalah contoh dari efek yang terakhir. Ini dirancang untuk masuk melalui internet (biasanya melibatkan semacam unduhan) dan untuk mencari melalui hard drive mencari informasi sensitif dan menguntungkan seperti nomor kartu kredit, nomor jaminan sosial, dan preferensi online, dan riwayat penelusuran atau penelusuran. Potensi kejahatan dengan ini sangat nyata dan sudah seharusnya untuk mendapatkan perlindungan berupa perangkat lunak anti virus.


Bagaimanapun mungkin kalian tidak tahu, telah terjadi revolusi baru perangkat lunak keamanan (anti virus) dalam menanggapi permintaan baru untuk keamanan online ini. Perangkat lunak ini memiliki rentang harga dan efektivitas yang luas. Perangkat lunak ini juga umumnya menawarkan pemberantasan dan pencegahan infeksi virus komputer. Artinya, biasanya ada fitur pemindaian yang ditawarkan yang mampu mendeteksi infestasi lama dan mengkarantina mereka atau kadang-kadang benar-benar dapat memperbaiki kerusakan. Fitur lainnya kemudian adalah untuk melarang infestasi baru. Pencegahan ini dilakukan dengan pemindaian harian dari sesuatu yang baru, misalnya unduhan atau email, dan memperingatkan pengguna tentang sesuatu yang mencurigakan dan tindakan yang merekomendasikan.


Pake crack dan patch nggak masalah selama….


Sejujurnya admin juga pengguna crack atau patch untuk beberapa kondisi, misalkan ada temen yang mau install Adobe Premier pro terbaru nih, dia gak mau beli lisensi, dan ya terpaksa ngecrack adalah jalan ninjaku. Dan selama ini admin tidak pernah mendapati masalah malware atau ransomware pada perangkat yang udah install (semoga aja gak ada masalah ya rabb !,aamiin), karena admin tahu apa yang dilakuin ini punya resiko tinggi bahkan sampe error, dan pastinya cek terlebih dahulu sebelum didownload sampai proses instalasi (Kalo bisa cari yang aman boss!!) 


Misalkan, tidak mendownload crack dari situs yang penuh dengan iklan, lempar sana lempar sini dan penuh dengan tombol download yang membingungkan, dan yah, torrent tetap menjadi pilihan terbaik saya. Tapi tetep admin rekomend buat beli sebagai bentuk support terhadap developernya. karena bagaimanapun "kalian membayar untuk apa yang layak didapatkan." Taruhan yang baik adalah perangkat lunak anti virus yang dijual di komputer, peralatan kantor, atau toko elektronik. Anda ingin melihat dan memastikan bahwa ia memiliki pembaruan online otomatis yang memungkinkan perlindungan Anda tetap mutakhir.


So, Mungkin itu saja yang bisa disampaikan semoga bisa bermanfaat !


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Halaman