Breaking

Sabtu, 17 Juni 2023

3 Kunci Penting Untuk Menciptakan Kebiasaan Yang Sukses



Apa yang membuat orang sukses menjadi sukses?

Kita semua berharap bisa pergi ke supermarket lokal kita dan membeli sebotol Sukses. Tapi mari kita tinggalkan imajinasi dan temukan salah satu alasan mendasar kesuksesan orang. Sekarang pikirkan tentang seseorang yang lo kenal secara pribadi yang telah sukses. Dapatkah Lo melihat wajah mereka ? Oke. Sekarang tanyakan pada diri lo, "Apakah orang ini memiliki rutinitas sukses atau serangkaian kebiasaan yang membuatnya sukses?" Saya akan terkejut jika mereka tidak melakukannya. Terkadang satu-satunya perbedaan antara sukses dan rata-rata terletak pada kebiasaan sukses. Beberapa contoh kebiasaan yang berhasil adalah bangun pagi, menyelesaikan pekerjaan saat harus diselesaikan, bersiap-siap, atau manajemen waktu yang efektif.


Jadi bagaimana lo mulai membangun kebiasaan sukses ini dalam hidup ? Berikut adalah 3 tips simpel powerfull untuk menciptakan kebiasaan yang sukses.


1. Identifikasi tujuan

Langkah pertama dalam membangun kebiasaan yang sukses adalah menetapkan tujuan yang jelas. Lo harus tahu persis apa yang ingin dicapai dalam hidup. Setelah tujuan yang jelas ditetapkan, lebih mudah untuk melihat kebiasaan apa yang perlu Anda kembangkan untuk mencapai tujuan tersebut. Temukan area dalam hidup lo yang perlu diubah. Tuliskan kebiasaan baru ini yang perlu dikembangkan. Jangan frustrasi mencoba mencari cara untuk mengembangkan semua kebiasaan ini. Kebanyakan orang menyabotase diri mereka sendiri dengan mencoba mengubah segalanya sekaligus. Sebaliknya, pilihlah satu kebiasaan besar dan satu kebiasaan kecil untuk dikembangkan. Selama 30-90 hari ke depan lo akan mengembangkan kebiasaan hebat ini.

 

2. Mulai dari yang Kecil

Salah satu kesalahan paling umum yang dilakukan orang adalah mencoba mengubah segalanya sekaligus. Mengubah terlalu banyak hal sekaligus dapat membuat lo kewalahan dan menghancurkan semangat. Sebaliknya, mulailah dengan mengembangkan kebiasaan kecil dan sederhana. Buat rutinitas harian atau mingguan yang mudah diikuti. Misalnya, lo ingin bangun satu jam lebih awal agar berhasil menyelesaikan lebih banyak pekerjaan. Alih-alih menyetel alarm satu jam lebih awal untuk memulai, setel alarm 2-5 menit lebih awal setiap pagi hingga lo bisa mencapai tujuan. Jadi, masing-masing akan membutuhkan waktu 30 atau 12 hari untuk mengembangkan kebiasaan sukses.

 

3. Ulangi dan Konsiten

Setelah lo membuat kebiasaan baru, lanjutkan ke dua kebiasaan sukses berikutnya yang ingin di buat. Sebelum menyadarinya, lo akan membangun kehidupan baru yang penuh dengan kebiasaan sukses. Konsistensi adalah kunci untuk membangun kebiasaan yang sukses. lo harus melakukannya secara rutin dan berulang-ulang agar menjadi kebiasaan. Cobalah meluangkan waktu setiap hari atau pada jadwal tertentu untuk menerapkan kebiasaan yang ingin dibangun. Misalnya, jika lo ingin mempelajari bahasa baru, tetapkan jadwal belajar yang konsisten, katakanlah 30 menit sehari. Lanjutkan latihan ini selama beberapa minggu hingga menjadi kebiasaan otomatis tanpa banyak berpikir. Oleh karena itu, Anda membangun kekuatan di balik kebiasaan yang kuat dan membantu Anda sukses. 

 

Sedikit insight yang mungkin lo perlu tau !

Studi ilmiah telah menunjukkan bahwa membangun kebiasaan positif dapat berdampak positif pada pencapaian tujuan dan kesuksesan. Misalnya, sebuah penelitian yang diterbitkan dalam European Journal of Social Psychology menemukan bahwa dibutuhkan rata-rata 66 hari untuk membentuk kebiasaan baru sebelum menjadi otomatis. Dalam studi tersebut, partisipan yang melakukan aktivitas tertentu secara konsisten selama 66 hari lebih cenderung menjadikannya rutinitas. Penting untuk dicatat bahwa individu mungkin memiliki pengalaman pembentukan kebiasaan yang berbeda dan temuan penelitian juga dapat bervariasi tergantung pada konteks dan tujuan tertentu. Karena itu, lo disarankan untuk melihat penelitian ilmiah tentang tujuan dan kebiasaan spesifik yang ingin Anda kembangkan. 

Bayangkan di mana lo akan berada dalam setahun jika mengikuti kunci diatas untuk mengembangkan kebiasaan yang berhasil. Jika lo hanya membutuhkan 60 hari untuk mengembangkan 2 kebiasaan, lo akan mengembangkan 12 kebiasaan yang sukses dalam setahun.


So, never give up on learning and hopefully useful !!.

 

Sumber:

Lally, P., van Jaarsveld, CH, Potts, H.W. dan Wardle, J. (2010). Bagaimana kebiasaan terbentuk: Pemodelan pembentukan kebiasaan di dunia nyata. Jurnal Psikologi Sosial Eropa, 40 (6), 998-1009.

Wood, W. & Neal, D.T. (2007). Perspektif baru tentang kebiasaan dan antarmuka antara kebiasaan dan tujuan. Tinjauan Psikologis, 114(4), 843-863. 

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Halaman