Breaking

Jumat, 23 Juni 2023

Strategi Ampuh Untuk Mempertahankan Motivasi Tak Tergoyahkan

 


            Motivasi adalah sumber kekuatan yang mendorong seseorang untuk bertindak dan berperilaku mencapai tujuan yang diinginkan. Dalam upaya mencapai kesuksesan dan kinerja yang baik, memiliki motivasi yang kuat sangat penting.
Lo tahu seperti apa rasanya menetapkan tujuan, sesuatu yang ingin lo capai. Bersemangat dan siap menghadapi dunia, dan kemudian beberapa bulan kemudian bahkan tidak mau repot-repot menghabiskan 10 menit bekerja untuk mencapainya. Selamat datang untuk menjadi manusia! Sangat mudah untuk beralih dari kegembiraan menjadi sikap apatis, tetapi ada beberapa hal yang dapat dilakukan untuk memastikan lo tetap termotivasi menuju tujuan hebat! Namun, motivasi yang kuat tidak cukup hanya didasarkan pada keinginan semata. Penting untuk memiliki alasan yang kuat di balik motivasi tersebut. Mengapa harus mempunyai alasan yang kuat dalam motivasi?  Artikel ini akan membahas alasan-alasan tersebut : 

1. Apakah MENGAPA Lo cukup besar?

Ketika gue ingin menurunkan berat badan, gue bertujuan untuk terlihat bagus dengan pakaian yang terlalu besar, tetapi itu tidak membantu karena gue mencintai diri gue dan penampilan gue, tetapi kesehatan gue mulai menunjukkan tlo-tlo buruk. . Kelebihan berat badan membuat gue berhati-hati untuk tetap di jalur. Gue memulai 6 minggu tanpa jurnal, gandum dan daging merah hanya seminggu sekali. Apakah

Lo pikir gue perlu alasan yang bagus untuk setia pada rezim seperti itu??!! Gue tahu bahwa kesehatan adalah kekayaan sejati gue. Enam bulan sakit dan hampir tidak bisa berjalan mengajari gue bahwa tujuan gue tidak berguna tanpa kesehatan gue. Oleh karena itu, menjaga kesehatan tubuh yang memungkinkan gue mencapai tujuan gue dengan gembira adalah MENGAPA penting yang membuat gue tetap pada jalurnya. Berhenti dan pikirkan alasan lo, MENGAPA? Alasan apa yang cukup besar untuk membuat lo tetap termotivasi saat lo berhenti dan/atau ingin berhenti lagi.


2. Ciptakan gambaran visual dan emosional tentang apa yang Lo inginkan

Menuliskan tujuan adalah alat yang penting, tetapi tidak selalu cukup, untuk mempertahankan fokus. Menuliskan tujuan dan mendapatkan gambaran visual tentang bagaimana lo akan mencapainya akan semakin mengobarkan api motivasi. Menuliskan tujuan, memvisualisasikan tujuan yang telah lo capai dan menghubungkan gambaran ini dengan perasaan adalah tiga kekuatan yang membuat motivasi tetap tinggi. Kapan saja sepanjang hari, atau kapan pun merasa membutuhkan dorongan, dapat berhenti, menutup mata, melihat tujuan lo, dan membangkitkan perasaan apa pun yang akan membuat  merasa mencapai tujuan itu. Tidak ada yang lebih kuat!


3. Pertanyakan sebelum, selama dan sesudah!

Penting untuk mengetahui tidak hanya MENGAPA lo melakukan sesuatu, tetapi juga APA. Apa pencapaian tujuan ini akan membawa lo dan keluarga. Sangat mudah untuk berpikir ingin menghasilkan satu juta, tetapi bagi banyak orang, motivasi sebenarnya adalah gaya hidup dan kebebasan waktu yang berpotensi ditawarkan oleh uang.

Luangkan waktu untuk bertanya pada diri sendiri siapa yang akan membantu mengetahui apa yang dibutuhkan untuk mencapai tujuan lo. Pertanyaan seperti:


• Apa keuntungan gue?

• Apa manfaatnya bagi gue, keluarga dan/atau teman gue?

• Pengorbanan apa yang harus gue lakukan?

• Bagaimana pengaruhnya terhadap rutinitas gue saat ini? • Bagaimana pengaruhnya terhadap keluarga gue?

• Sesuatu apa yang bisa gue berikan?


Menjadi termotivasi dan tetap termotivasi itu mudah ketika lo tahu apa artinya untuk mencapai tujuan lo. Memang harus segamblang itu untuk bisa ngebangun ketahanan motivasi yang kuat secara terus menerus.


4. Buat representasi visual dari apa yang di inginkan

Pertahankan api motivasi tetap menyala dengan melakukan perincian keluarga tentang seperti apa hasil akhirnya nantinya, atau dengan melukis gambar, menulis puisi, menyanyikan lagu, atau upaya kreatif lainnya yang nantikan untuk membuahkan hasil sampai akhir.  Apa pun yang lo lakukan, simpan di tempat di mana lo dapat terus melihatnya. Gue ingat seseorang berbicara tentang menerbitkan buku untuk 100.000 eksemplar pertama sehingga itu adalah hal pertama dan terakhir yang mereka lihat ketika mereka bangun setiap pagi. gambar di kepalanya sebelum dia tertidur.

Tinggalkan kenangan atau catatan di pintu lemari es, cermin kamar mandi atau di mobil. Semakin banyak tempat meninggalkan catatan kecil dan pengingat tentang apa yang ingin lo capai, semakin baik. Ini akan mendukung alam bawah sadar untuk menghasilkan hasil yang di inginkan sekaligus membuat tetap fokus dan termotivasi untuk mencapai tujuan.


5. Dapatkan dukungan dari orang-orang sekitar

Dukungan dari keluarga dan teman memang penting, tetapi pertimbangkan juga dukungan lain apa yang tersedia untuk diri lo. Buku, pendampingan, teman sebaya, pembinaan kehidupan, forum - ini semua hal yang dapat membantu mencapai tujuan. Pikirkan juga tentang WHO yang dapat mendukung untuk tetap termotivasi. Bisakah kamu berteman dengan seseorang? Apakah lo memiliki bos atau profesor yang dengan senang hati membantu mengambil tanggung jawab ?

Pertama, lo harus hati-hati memilih orang yang ingin lo kenal, disamping itu  membangun kekuatan pribadi yang cukup untuk terus maju terlepas dari komentar negatif yang mungkin  dimiliki. Buat daftar apa yang bisa dan tidak bisa lo lakukan dan siapa yang bisa membantu. Mengetahui hal ini sebelumnya dapat membantu menghindari frustrasi karena tidak menyelesaikan sesuatu. Jika lo serius untuk mengembangkan kehidupan pribadi dan profesional, gue sarankan untuk mempekerjakan seorang mentor atau pelatih kehidupan agar tetap pada jalurnya.


Pembelajaran berkelanjutan juga harus dilihat dalam konteks pengembangan pribadi seseorang. Pengembangan berkelanjutan dari kepribadian memastikan bahwa dengan cepat mengatasi kesulitan dan tetap termotivasi. Tidak ada satu hal pun yang menentukan kesuksesan lo untuk tetap termotivasi, itu adalah kombinasi dari berbagai hal. Menemukan kombinasi yang tepat untuk berubah dari tujuan ke tujuan lainnya.


So, never give up on learning and hopefully useful !!. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Halaman